Minggu, 13 Oktober 2013

Perwata Kelurahan Klender Gelar Silahturahmi Perdamaian


            Perwata – Hujan rintik menyapu rata seluruh kawasan Klender, Jakarta Timur. Ratusan masyarakat yang terdiri dari unsur Karang Taruna, LMK, Kepolisian, PKK, Lurah, Camat, dan Tokoh Masyarakat, sudah berkumpul di halaman sekolah SMPN 198 yang terletak di Jalan Pertanian Utara, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Mereka berkumpul untuk menghadiri acara Silahturahmi Perdamaian. Acara ini dipelopori oleh M. Sayuti selaku Ketua RW 01, Kelurahan Klender, Jakarta Timur. Sayuti yang juga adalah Ketua Perwata (Perkumpulan Rukun Warga dan Rukun Tetangga) Kelurahan Klender, Jakarta Timur, mengatakan bahwa acara ini dimaksudkan untuk menjalin silahturahmi antar dua warga masyarakat yang ada di dua Kelurahan yaitu Kelurahan Klender dan Cipinang.
Ia mengungkapkan bahwa acara ini sebenarnya sudah ingin dilaksanakan pada bulan Ramadan lalu, namun karena terbentur adanya kegiatan dan lain sebagainya selama bulan Ramadan, maka acara ini baru dapat diadakan pada tanggal 12 Oktober 2013. “Saya mempersiapkan acara ini hanya dalam waktu tempo tiga hari. Melalui acara ini kita semua berharap agar tali persaudaraan antara dua warga yang sempat bertikai tidak lagi kembali terulang. Dalam kesempatan ini saya juga meminta maaf kepada seluruh pemangku jabatan karena saya menyadari sebagai orangtua kadangkala lalai dalam mengatur dan mengontrol anak-anak, yang pada akhirnya sampai timbul pertikaian,” ungkapnya.
R. Agus Mulyadi, Lurah Klender yang turut hadir malam itu menyatakan rasa  terima kasih kepada panitia yang telah mengupayakan terselenggaranya acara silahturahmi perdamaian. “Mari kita sama-sama menjaga lingkungan kita masing-masing agar tercipta suasana yang kondusif. Saya juga sudah mengajukan proposal kegiatan untuk acara outbound untuk kaum muda di Kelurahan Klender dan Cipinang kepada Kesbangpol Jakarta Timur. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah terjadinya kembali tawuran dan lebih mempererat tali persaudaraan antar orang muda di dua Kelurahan,” ungkapnya.
Kepala Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur, Hamid Masud  menegaskan bahwa  acara ini sangat baik demi menciptakan silahturahmi antar warga untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Acara ini pun diharapkan dapat mencegah kembali terjadinya tawuran antar warga. “Saya berharap agar peserta yang hadir pada malam hari ini bersungguh-sungguh dan punya komitmen untuk tidak lagi memiliki rasa dendam dan tidak lagi sampai terjadi tawuran. Kita harus menghindari dan jangan mudah terprovokasi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar